Apakah Keloid Bisa Sembuh Total?

Penyakit keloid merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terdapat pada bagian kulit. dimana bagian kulit yang sehabis terkena luka membentuk sebuah jaringan parut. Terbentuknya jaringan parut inilah yang sering disebut dengan benjolan penyakit keloid. Terkadang benjolan tersebut terasa gatal, nyeri, perih dan sebagainya.
Apakah Keloid Bisa Sembuh Total?
Apakah Keloid Bisa Sembuh Total?
Penyebab munculnya penyakit keloid ini sendiri sangatlah bervariasi. Mulai dari luka yang terbentuk, pola hidup yang kurang sehat, infeksi dan bahkan keturunan. Jika Anda adalah salah satu keturunan dari penderita keloid, maka Anda harus lebih berhati-hati. Karena biasanya seseorang yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita memiliki tingkat resiko 6 kali lebih besar dari masyarakat pada umumnya.

Sedangkan untuk mengatasi penyakit keloid ini juga sangatlah bervariasi, terlebih saat teknologi sudah semakin canggih sekarang ini. kita bisa melakukan tindakan medis untuk menyembuhkan penyakit keloid. Tindakan medis yang sering dilakukan antara lain seperti operasi pembedahan, suntik cartisone, suntik silika dan lain sebagainya. Namun apakah keloid dapat sembuh total?

Apakah keloid bisa sembuh total?

Penyakit keloid sebenarnya tidaklah berbahaya bagi kesehatan, karena pada dasarnya tidak menyebabkan kematian bagi penderitanya. akan tetapi penyakit keloid ini bisa menyebar keseluruh bagian tubuh. jika penyakit keloid sudah menyebar keseluruh tubuh, maka penyakit jaringan parut ini sangat sulit untuk dihilangkan atau disembuhkan.

Tingkat kesembuhan dari penderita penyakit keloid itu sendiri sangatlah bervariasi. Ada penderita yang bisa sembuh hanya dengan menggunakan salep dan ada juga penderita keloid yang harus melakukan serangkaian pengobatan terlebih dahulu agar penyakit ini bisa sembuh.

Faktor yang menyebabkan proses penyembuhan itu sendiri antara lain seperti besarnya keloid, riwayat keluarga, asupan nutrisi dan lain sebagainya. Khusus bagi Anda yang memang menderita penyakit keloid akibat keturunan. Maka Anda harus lebih berusaha lagi untuk menghilangkan penyakit keloid tersebut. karena biasanya gen DNA yang mengalami mutasi munculnya keloid ini sangatlah sulit dihilangkan atau diatasi. Namun jika Anda bisa berusaha lebih giat lagi dalam pengobatan penyakit keloid. Tidak ada hal yang tidak mungkin penyakit keloid bisa disembuhkan.

Yang perlu menjadi catatan besar bagi Anda penderita keloid, memang penyakit ini dapat disembuhkan. Akan tetapi kesembuhan tersebut tidak akan mampu mengembalikan struktur kulit yang sama persis dengan sebelumnya. karena memang tubuh tidak mampu melakukan regenerasi sel secara optimal pada bagian benjolan keloid tersebut.

Selain melakukan pengobatan penyakit keloid secara tepat dan rutin. Anda juga harus selalu menjaga gaya hidup sehat. Seperti rajin konsumsi makanan bergizi, berolahraga, hindari kebiasaan buruk dan lain sebagainya. Hal-hal semacam inilah yang membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit keloid yang sedang Anda derita.
Itulah ulasan mengenai penyakit keloid apakah bisa disembuhkan total?