Keloid dan Cara Pencegahannya

Penyakit keloid merupakan sebuah gangguan kesehatan yang muncul pada permukaan kulit sehabis terkena luka. Lebih tepatnya penyakit keloid adalah terbentuknya jaringan parut pada bagian bekas luka. Munculnya penyakit keloid tergantung dari besarnya bekas luka yang terbentuk. Semakin besar bekas luka tersebut maka semakin besar pula penyakit keloid atau jaringan parut yang terbentuk.
Keloid dan Cara Pencegahannya
Keloid dan Cara Pencegahannya
Penyebab munculnya penyakit keloid sendiri sangat beraneka ragam dan bervariasi. Mulai dari pola hidup yang kurang sehat hingga terjadi karena masalah keturunan atau genetika. Sebenarnya penyakit keloid tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, karena pada dasarnya tidak menimbulkan kematian.

Namun jika penyakit keloid mengalami pertumbuhan yang semakin lama semakin membesar atau bahkan menyebar, terlebih menyebar pada area tubuh yang mudah terekspos. Maka akan menyebabkan penampilan menjadi buruk. Nah sebelum semua itu terjadi berikut ini ada beberapa cara mencegah penyakit keloid dengan mudah dan efektif.

Cara Mencegah Penyakit Keloid

1. Lakukan olahraga secara rutin
Olahraga sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita. tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh saja, akan tetapi dengan berolahraga secara rutin kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit keloid. Olahraga terbaik untuk mencegah munculnya penyakit keloid adalah dengan jogging, senam aerobik, renang dan yoga. Usahakan melakukan salah satu jenis olahraga tersebut secara rutin 30 menit saja dalam sehari.

2. Hindari paparan sinar matahari berlebih
Paparan sinar matahari secara berlebihan sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh. karena selain menghitamkan kulit, radiasi sinar UVA dan UVB juga dapat menyebabkan munculnya penyakit keloid. Maka dari itu agar pencegahan penyakit keloid dapat efektif, usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan. terutama di jam 12 keatas, karena saat-saat inilah matahari bersinar sangat menyengat untuk kulit.

3. Selalu gunakan sunblock atau tabir surya
Penggunaan lotion pelindung kulit dari sinar matahari (sunblock) sangatlah baik digunakan untuk mencegah penyakit keloid. Karena pengaruh buruk lingkungan seperti sinar UV, polusi udara ataupun yang lainnya dapat menyebabkan munculnya penyakit keloid. Anda bisa menggunakan sunblock sebelum menjalani aktivitas sehari-hari di luar ruangan.

4. Hindari terbentuknya luka seminimal mungkin
Memang sangatlah sulit bagi Anda yang memiliki riwayat keloid untuk melakukan pencegahan penyakit keloid. Namun setidaknya Anda bisa mencegah dengan meminimalisir terbentuknya luka di area tubuh. seperti tidak melakukan oplas jika hanya bertujuan untuk kecantikan saja, tidak melakukan tindik secara berlebihan pada area wajah dan lain sebagainya. Dengan sedikit luka yang terbentuk secara otomatis penyakit keloid bisa dicegah semaksimal mungkin.

Itulah ulasan topik mengenai penyakit keloid dan cara pencegahannya. Terapkan beberapa langkah pencegahan diatas secara rutin untuk hasil yang maksimal.