Apakah Keloid Dapat Disembuhkan?

Banyak orang yang mengatakan bahwa penyakit keloid tidak bisa disembuhkan, sebagian besar lagi orang mengatakan bahwa penyakit keloid bisa disembuhkan. Nah untuk mengetahui apakah penyakit keloid daat disembuhkan atau tidak, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab dan mengulas akan hal tersebut.
Apakah Keloid Dapat Disembuhkan?
Keloid di kulit
Apakah Keloid Dapat Disembuhkan?

Penyakit keloid merupakan gangguan pertumbuhan jaringan abnormal pada permukaan kulit, banyak orang beranggapan bahwa benjolan penyakit keoid tersebut adalah daging tumbuh, memang sekilas penampilan benjolan keloid hampir sama dengan benjolan daging tumbuh, akan tetapi sebenarnya berbeda jauh, karena pada penyakit daging tumbuh, muncul pertama kali tanpa disebabkan oleh sebuah luka, sedangkan untuk penyakit keloid muncul pertama kalinya disebabkan karena kulit mangalami luka.

Akan tetapi bagi Anda penderita penyakit keloid tidak usah khawatir, karena pada dasarnya benjolan akibat penyakit keloid tersebut bisa disembuhkan dengan mudah, walaupun ada beberapa orang atau penderita, tidak bisa disembuhkan lantaran keloid yang terdapat pada kulit sudah sangat parah dan menyebar diseluruh tubuh. Sehingga sangat menyulitkan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut, seperti operasi, laser dan masih banyak lagi, namun jika keloid tersebut masih baru dan terlihat kecil kurang dari 2 cm, serta tidak tersebar keseluruh tubuh, maka akan sangat mudah sekali untuk dilakukan penyembuhan.

Ada beberapa metode penyembuhan penyakit keloid, mulai dari medis dan non medis, biasanya cara medis dilakukan dengan beberapa macam penanganan, mulai dari operasi, laser, suntik silika, semprot nitrogen dan masih banyak lagi, dari cara medis tersebut, yang paling banyak dilakukan oleh penderita penyakit keloid  untuk penyembuhan adalah dengan melakukan operasi, namun penyembuhan dengan operasi tersebut juga melihat seberapa parah dari penyakit keliid tersebut, jika sudah tersebar secara merata hingga ke wajah, kapala dan lainya, maka tindakan operasi tidak mungkin dilakukan untuk menyembuhkan penyakit keloid tersebut.

Sedangkan untuk cara penyembuhan penyakit keloid secara non medis, basanya dilakukan dengan konsumsi ramuan herbal, menggunakan bahan alami atau bahan tradisional seperti bawang merah, minyak zaitun, madu dan sebagainya, bahan-bahan tradisional tersebut mengandung berbagai macam zat yang mampu menghambat dan mengempeskan bejolan keloid akibat pertumbuhan jaringan. Seperti salah satunya adalah zat silika yang mampu menghambat produksi kolegan berlebih pada bagian permukaan kulit. namun jika Anda memilih cara non medis untuk penyembuhan, maka haruslah didukung dengan pola hidup sehat dan ketelatenan, karena jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin, maka khasiat herbal tradisional tersebut tidak akan berdampak apapun pada penyakit keloid yang Anda derita.

Nah itulah jawaban mengenai pertanyaan apakah penyakit keloid dapat disembuhkan, pada intinya penyakit keloid dapat disembuhkan jika penyakit keloid tersebut belum terlalu parah.