Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Keloid

Wanita ataupun pria tentunya menginginkan memiliki kulit yang mulus dan indah, akan tetapi karena sesuatu hal, harapan tersebut menjadi sirna dengan sendirinya, salah satu penyebabnya adalah timbulnya penyakit keloid.
Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Keloid
Keloid di pergelangan tangan
Penyakit keloid merupakan gangguan kesehatan kulit, dimana bekas luka mengalami pertumbuhan jaringan parut, sehingga terlihat seperti sebuah benjolan, tergantung luka yang dihasilkan, jika luka tersebut besar, maka akan menghasilkan keloid yang besar pula.
Salah satu penyebab timbulnya penyakit keloid terbesar adalah riwayat keluarga, walaupun ada juga yang diakibatkan oleh pola hidup yang salah, akan tetapi faktor genetik lebih berperan penting pada penyakit keloid ini.

Namun tidak usah khawatir apabila riwayat keluarga Anda mengalami penyakit keloid, karena masih ada jalan untuk mencegah penyakit keloid ini. berikut ini ada beberapa tips mengenai cara mencegah timbulnya penyakit keloid dengan mudah.

Tips Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Keloid

1. Hati-hati ketika melakukan operasi
Jika keluarga Anda mengalami sebuah riwayat penyakit keloid, Anda haruslah berhati-hati ketika melakukan sebuah operasi, terlebih jika operasi tersebut dilakukan ke bagian wajah (operasi plastik). Sebaiknya Anda hindari operasi wajah tersebut jikalau hanya untuk masalah kecantikan saja, karena apabila kulit mengalami komplikasi maka akan menyebabkan munculnya keloid pada wajah. namun jika untuk keperluan kesehatan yang sangat genting, operasi tersebut boleh Anda lakukan, tapi sebelum melakukan operasi plastik, lebih baik Anda bilang kepada dokter perihal penyakit keloid yang Anda derita, hal tersebut bertujuan agar dokter juga dapat melakukan minimalisir akibat dari operasi tersebut dengan memperhatikan sayatan yang dibenamkan pada wajah Anda saat operasi.

2. Hindari terjadinya luka
Mungkin cara mencegah penyakit keloid yang kedua ini sangat sulit untuk kita lakukan, pasalnya luka datang secara tiba-tiba dan tak terduga oleh kita, namun lebih baik usahakan Anda tetap dalam keadaan terbebas dari luka. Terlebih terbebas dari luka akibat benda panas atau luka bakar, karena luka bakar akan menyebabkan jaringan atau sel dalam kulit tidak bisa tumbuh, sehingga menyebabkan benjolan atau jaringan parut, inilah yang disebut dengan penyakit keloid, selain itu hindari juga menato atau menindik pada bagian yang mudah terekspos. Seperti muka, telinga, hidung dan masih banyak lagi. namun jika luka tersebut terlanjur muncul di permukaan kulit Anda, maka gunakan perawatan kulit yang memadai dan tidak asal-asalan, karena jika Anda melakukan perawatan dengan seadanya bahkan tidak merawat sama sekali, maka akan menyebabkan infeksi dan bahkan melebihi bahaya penyakit keloid.

3. Konsumsi multivitamin
Cara mencegah penyakit keloid yang terakhir adalah dengan konsumsi multivitamin. Vitamin yang baik untuk mencegah keloid diantaranya adalah vitamin C dan vitamin E, selain itu terdapat pula senyawa silika yang sangat efektif untuk memacu pertumbuhan kolagen pada kulit, kolagen ini sangat berguna untuk regenerasi sel kulit, sehingga dengan tercukupinya kolagen maka kulit akan terhindar dari penyakit keloid, Anda dapat menemukan vitamin A, E dan silika, pada buah lemon, mentimun, madu, bawang putih, bawang merah dan masih banyak lagi, konsumsilah bahan-bahan alami tersebut secara rutin agar penyakit keloid tidak menghampiri kehidupan Anda.